-->

Tugas Pertemuan 7 (Membuat Prefab)

Definisi atau penjelasan awam mengenai prefab adalah "Objek yang kita simpan". Lalu apakah fungsi prefab itu ?, fungsi prefab sendiri adalah jika sewaktu-waktu kita membutuhkan objek yang sama seperti yang pernah kita gunakan sebelumnya, atau setting-annya sama dengan objek yang sama tapi di scene yang berbeda, kita bisa menggunakanya kembali tanpa harus melakukan setting dari awal lagi (yang dimaksud setting-an adalah contohnya apabila kita sudah mengganti warna objek, kita sudah melakukan set posisi default pada objek, kita sudah memberikan script pada objek dll). Bagaimana cara menjadikan objek di scene menjadi sebuah prefab ?, yaitu dengan cara drag objek yang kita inginkan untuk menjadikanya prefab (Pada menu hierarchy. nb: untuk penjelasan apa itu hierarchy silahkan klik disini) lalu drop object tersebut di folder assets. Maka objek tersebut akan secara otomatis menjadi sebuah prefab. Lihat gambar dibawah.


Untuk objek yang tidak memiliki bentuk (gambar, image, sprite dll) maka prefab-nya akan berbentuk box biru (lihat gambar), tapi jika objek tersebut memiliki bentuk, maka prefabnya akan akan keluar thumbnail bentuk objek, jadi pastikan kita sudah memberikan nama yang sesuai untuk prefab yang kita buat.

0 Response to "Tugas Pertemuan 7 (Membuat Prefab)"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan profesional dalam menggunakan bahasa.

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel