-->

Membuat Karakter Game 3D dan Membuat Animasi Pada Karakter 3D

 Selanjutnya menambahkan objek 3D kedalam Unity dengan drag and drop model 3D kedalam Assets.


Picture20

Masukkan objek 3D kedalam environment yang telah dibuat dengan drag and drop objek ke environment.

Picture21

Pilih animator untuk menngerakkan animasi yang telah dibuat dengan memilih animator yang diinginkan pada controller.

Picture22

Cek animasi pada objek 3D dengan klik Model 3D pada Assets – Inspector.Centang seperti yang terdapat dalam gambar.

Picture23

Buat animasi baru untuk Idle atau diam. Centang seperti yang ada dalam gambar.

Picture24

Buka Window – Animator untuk mengatur pergantian animasi yang akan terjadi. Lalu buat seperti yang ada dalam gambar.
Picture26Picture25Picture27

 Buat parameter seperti gambar dibawah dengan menekan tombol “+” pada pojok kanan atas, pilih Float untuk Speed dan walk.

Picture28

Pilih kotak Idle yang telah dibuat lalu pilih animasi yang diinginkan lalu centang Foot IK.

Picture29

Edit panah dari Idle menuju ArmatureAction dengan mengubah pilihan condition pada bawah kolom dengan walk – Greater – 0.1

Picture30

Edit panah dari ArmatureAction menuju Idle dengan mengubah pilihan condition pada bawah kolom dengan walk – Less – 0.1

Picture31

Pilih animasi pada ArmatureAction setelah itu jangan lupa untuk mencentang Foot IK.

Picture32

Buat Java script untuk nantinya dimasukkan ke dalam 3D objek.

Picture33

Tulis code seperti gambar dibawah ini

Picture34
Picture35

Internal var animator digunakan untuk memanggil component Animator yang telah dibuat.
var s menunjukkan variable untuk gerakan vertikal dah var h untuk gerakan horizontal.
Pada fungsi start kita inisialisasikan animator untuk memanggil Animator component ketika kita memulai game atau memge run nya.

Pada fungsi update v ditugaskan untuk mendapatkan posisi vertikal dari objek saat itu juga. Jadi ketika kita menekan tombol keatas dan ke bawah maka yang dimaksud adalah posisi vertikal ini.
Pengondisian ketika ditombol ke atas maka objek di transform lalu di translate dengan nilai seperti code diatas, pada z axis yang mempunyai nilai, berarti gerakan maju kedepan.

Pada fungsi FixedUpdate kita buat animator memanggil fungsi parameter yang sudah kita buat pada Animator component dengan SetFloat(“nama parameter”,v) untuk gerakan berjalan kedepan dan kebelakang.

Setelah selesai save lalu masukkan script pada objek 3D yang telah dibuat.

Picture36

Setelah itu run atau jalankan.

Picture37

Membuat objek 3D dapat bergerak sesuai dengan yang diinginkan developer dalam Unity mempunyai pengaturan yang mudah namun juga rumit bagi pemula, dengan banyak mencari referensi kita bisa menemukan trik-trik yang lain selain diatas.

0 Response to "Membuat Karakter Game 3D dan Membuat Animasi Pada Karakter 3D"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan profesional dalam menggunakan bahasa.

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel